Wednesday, May 20, 2009

Search Engine Optimization (SEO)

Setelah kita tahu apa itu Search Engine, maka sekarang kita beranjak untuk mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO). Menurut situs Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media bisnis, kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan B2C atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (ecommerce).

Keinginan untuk mendapatkan peringkat pertama ranking search engine adalah dambaan setiap pemilik web ataupun blogger karena apabila website/blog anda terindeks dan menempati ranking tertinggi , otomatis akan meningkatkan traffic kunjungan ke blog anda. Biasanya seorang pengunjung yang mencari lewat search engine akan mengklik informasi web yang berada pada baris pertama dari pada repot-repot mencari yang lainnya pada topik yang sama. Syaratnya anda harus sudah mensubmit website/blog anda di Search Engine. Jika belum maka tentu saja Search Engine tidak akan mengindeks Website/ Blog anda.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik web/blog untuk mendongkrak pagerank di Search Engine. Ada yang menulis artikel yang mengandung banyak keyword yang sedang dicari di internet. Ada juga yang membuat backlink ke situs atau blog yang sudah popular. Dan ada juga yang mengoptimalkan pemakaian meta tag pada web/blognya. Metode-metode pengoptimalan inilah yang dibahas dalam Search Engine Optimization (SEO).

Info lebih lanjut:
>> http://www.en.wikipedia.org/wiki/Search_engine_optimization
>> http://www.balinter.net/journal/tutorial_search_engine_optimization.html

One response to “Search Engine Optimization (SEO)”

Unknown said...

bener trik ini yg membuat saya menjadikan patokan dalam seo

Leave a reply

 
© 2009 Komputer Plus Internet. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Design by amuysblog | Publish By amuys-templates