Tuesday, May 12, 2009

Gunakan Teknologi Secara Cerdas dan Bermoral

Artikel ini sengaja saya tulis untuk menanggapi tulisan dari OBLO yang berjudul " Waspada Kemajuan Teknologi ". Pada Artikelnya, OBLO menyoroti masalah dampak negatif teknologi yang perlu untuk diwaspadai. Dia mencontohkan banyaknya beredar Video-video ataupun gambar-gambar mesum di internet akibat dari kemajuan teknologi yang berupa HP berkamera ataupun kamera digital yang banyak beredar di masyarakat. OBLO berpendapat bahwa tidak ada lagi yang bisa menjamin privacy seseorang akibat dari kemajuan teknologi tersebut. Saya sangat mengapresiasi Tips yang diberikan oleh OBLO agar data pribadi dalam ponsel ataupun media penyimpan lainnya tidak di curi oleh orang lain.

Lepas dari banyaknya dampak negatif kemajuan teknologi seperti yang disebutkan oleh OBLO, tentu lebih banyak lagi hal-hal yang positif yang disebabkan oleh kemajuan Teknologi. Kita ambil contoh adalah internet. Dengan berkembangnya teknologi internet, seseorang tidak lagi harus mendengarkan radio, menonton TV ataupun membaca koran untuk mendapatkan informasi aktual yang terjadi di berbagai belahan dunia. Dalam hitungan detik, informasi-informasi tersebut sudah tersaji melalui media online. Di Internet, anda juga bisa belajar, berbisnis, mencari hiburan bahkan mencari teman. Anda juga dapat menuliskan ide, pemikiran dan pandangan anda melalui media blog yang online di Internet. Tentu masih banyak hal-hal positif yang kita dapatkan dari hasil kemajuan teknologi yang bernama internet ini.

Adanya Handphone (HP) juga memberi banyak kemudahan bagi seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Seperti sebuah ungkapan "Dunia semakin Sempit" adalah benar adanya akibat dari kemajuan teknologi. Dahulu, orang berkomunikasi hanya lewat surat yang dikirim lewat pos dan anda bisa membaca pesan dalam surat itu beberapa hari kemudian. Tapi kini dalam hitungan detik, sebuah pesan sudah bisa anda baca melalui teknologi Short Massage Service. Berbicara dengan orangpun tidak harus bertatap muka. Melalui media call, anda bisa berbicara kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu orang tersebut ada di depan anda.Adapun penambahan fitur kamera pada Handphone sebenarnya dimaksudkan agar penggunanya bisa mengabadikan momen-momen penting yang terjadi dan ingin diabadikannya.

Beredarnya vide-video atau gambar-gambar mesum di internet adalah disebabkan oleh pengguna teknologi tersebut tidak cerdas menggunakan berbagai fitur-fitur teknologi yang diberikan padanya. Selain itu itu moral dari pengguna teknologi tersebut perlu dipertanyakan lagi karena mengabadikan suatu gambar privacy seharusnya tidak dilakukan jika sang pengguna tidak menengerti bagaimana mengamankan file tersebut. Tentu bukan kesalahan teknologi jika privacy anda tidak lagi terjamin tetapi adalah kesalahan anda dalam menggunakan teknologi tersebut. Saya yakin pengembangan dan pembuatan alat-alat teknologi dimaksudkan untuk sesuatu yang positif untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam beraktifitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jadi, kesimpulannya adalah anda harus benar-benar cerdas dan menggunakan akal sehat dalam menggunakan teknologi bagi kehidupan anda. Jangan menggunakan teknologi untuk hal-hal yang negatif sehingga manfaat dari teknologi tersebut benar-benar terasa dalam kehidupan anda. Intinya adalah, gunakan teknologi secara cerdas dan bermoral sehingga teknologi bukan menjadi hal yang ditakuti tetapi menjadi lebih bersahabat dengan anda.

Thank's to OBLO

One response to “Gunakan Teknologi Secara Cerdas dan Bermoral”

si Rusa Bawean said...

setiap kemajuan itu
pasti ada dampak negatif dan positifnya

Leave a reply

 
© 2009 Komputer Plus Internet. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Design by amuysblog | Publish By amuys-templates