Friday, May 08, 2009

3 Cara agar Cepat Memahami dan Menguasai Ilmu Komputer

Banyak orang yang ingin belajar komputer tetapi mereka mengaku kesulitan dalam memahaminya. Sebenarnya tidak ada yang sulit jika kita berusaha dan tekun mempelajarinya. Ilmu komputer adalah ilmu teknis sehingga di dalam mempelajarinya dibutuhkan kombinasi antara pengetahuan teori dan praktiknya. Untuk cepat menguasai komputer diperlukan metode belajar sambil memperaktikkannya (learning by doing) agar apa yang anda pelajari lebih mudah dipahami.

Berikut akan saya berikan 3 cara agar anda cepat memahami dan menguasai ilmu komputer dengan baik dan berhasil:

1.Membaca buku-buku komputer.
Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita tentang suatu hal. Begitupula jika anda ingin belajar komputer. Anda harus rajin membaca literatur-literatur tentang komputer. Literatur-literatur bisa berupa buku,majalah, jurnal dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan literatur-literatur tersebut dengan membelinya di toko buku, meminjam di perpustakaan atau mencarinya di internet.

2.Mempraktikkannya langsung di depan komputer
Setelah anda membaca berbagai literatur tentang komputer maka sebaiknya anda langsung memperaktikkan apa yang anda baca itu pada PC anda agar pemahaman anda menjadi lebih mantap. Praktik langsung juga membuat anda mudah mengingat apa yang anda pelajari dan memberikan pengalaman sehingga anda menjadi lebih tahu apa itu komputer.

3.Menulis sebuah program komputer
Cara ini dilakukan jika anda mempelajari bahasa pemrograman komputer seperti BASIC,PASCAL,DELPHI, VISUAL BASIC, atau bahasa pemrograman komputer lainnya. Menulis program berarti menciptakan suatu kumpulan perintah yang dapat dimengerti dan diikuti oleh komputer. Perintah-perintah tersebut ditulis dalam syntax-syntax bahasa pemrograman yang digunakan. Dengan menulis program dan mengekskusinya maka anda akan tahu apa dan bagaimana komputer mengolah input yang anda masukkan hingga menghasilkan informasi yang anda butuhkan.

Itulah 3 cara yang dapat anda lakukan untuk lebih cepat memahami dan menguasai komputer. Ketekunan dan usaha yang keras tentu menjadi faktor utama dalam mempelajari komputer. Sering berlatih dengan trial and error akan menyebabkan anda memiliki pengalaman yang cukup untuk mengetahui apa sesungguhnya komputer itu.

4 Responses to “3 Cara agar Cepat Memahami dan Menguasai Ilmu Komputer”

Anonymous said...

Setuju mas. Tiga langkah tersebut adalah langkah dasar untuk menguasai komputer. Termasuk juga menguasai bahasa pemrograman web atau blog.

Saya juga sering berlatih (praktek) dalam memodifikasi tampilan blog saya dengan mengubah/mengedit kode-kode html-nya. Lumayan mengasyikkan, terutama ketika kita berhasil :)

Oya, makasih banyak ya udah nyimpen link blog saya di menu blogroll. Sebagai balasan, saya juga akan nyimpen link blog ini di blogroll saya. Apalagi tulisan di blog ini bagus-bagus.

Negeri Hijau said...

langkah tersebut diatas adalah hal yang harus dilakukan.

thanks infonya

kharis said...

3 hal diatas memang wajib dilakukan...
tapi ada satu lagi mas...belajar dari seorang ahli secara langsung lebih mudah...

kita siapkan sejuta pertanyaan tentang komputer habis itu ajak dia makan di restoran...

betul gak???

Anonymous said...

betul sekali,,saya juga seneng buanget yang namanya belajar tentang komputer soalnya ga ada habisnya dan selalu menemukan hal2 baru yang buat semangat saya belajar..

Leave a reply

 
© 2009 Komputer Plus Internet. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Design by amuysblog | Publish By amuys-templates